SOP Uji Turnitin 2021

  • 11 November 2021
  • 06:34 WITA
  • Administrator
  • Berita

SOP Untuk Uji Turnitin Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris 2021


1. Mahasiswa mengisi Formular Pendaftaran Uji Turnitin Via Google Form dengan link bit.ly/BSI-UJI-TURNITIN,
2. Mahasiswa mengirimkan naskah ke email turnitin (turnitin.bsi@gmail.com) CC ke email sekertaris jurusan (syahruni.junaid@gmail.com) dalam bentuk file word,
3. Sekertaris jurusan akan mendistribusikan naskah mahasiswa ke email tim Turnitin Bahasa dan Sastra Inggris,
4. Hasil uji turnitin dari tim penguji akan dikirimkan kembali ke email mahasiswa CC ke email turnitin (turnitin.bsi@gmail.com),
5. Waktu pendaftaran adalah setiap hari kerja dari Senin hingga Jumat mulai pikul 08.00 – 12.00,
6. Mahasiswa diperbolehkan mengkonfirmasi lewat email ke pihak Sekertaris jurusan Bahasa dan Sastra Inggris jika hasil pengecekan belum ada setelah 3 hari pengisian formulir untuk mengantisipasi jika ada kesalahan dalam proses pengiriman,
7. Maksimal masa pengecekan adalah 7 hari (hari kerja) dari masa pendaftaran,
8. Apabila mahasiswa telah memenuhi persyaratan lulus uji Turnitin yaitu maksimal 24%, maka yang bersangkutan akan mengisi Blanko Turnitin yang akan ditandatangani oleh tim pemeriksa Turnitin dan Pembimbing Pertama. (Blanko Turnitin yang telah diisi keterangan nama dll dikirimkan beserta draft proposal/tesis sehingga tim pemeriksa tinggal menulis hasil Turnitin dan menandatanganinya). Blanko Turnitin dapat diunduh pada bagian "download" website BSI.
9. Blanko Turnitin yang telah ditandatangani oleh tim pemeriksa dan pembimbing dikirimkan ke email Turnitin untuk diinventarisir oleh jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.


Catatan:
1. Mahasiswa wajib mengisi link google form untuk bisa diproses ke tahap selanjutnya,
2. Untuk menghindari proses yang berulang-ulang, diharapkan agar mahasiswa mengikuti saran perubahan yang diberikan oleh tim Turnitin,
3. Mahasiswa yang kedapatan melakukan kecurangan dengan maksud untuk mengakali sistem turnitin, akan mendapatkan sanksi akademik berupa penangguhan proses minimal 7 hari kerja (seminggu) hingga maksimal 30 hr kerja (sebulan) atau tergantung dari keputusan ketua dan/atau sekertaris jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.