English for Tourism: Tana Toraja

  • 01 Januari 1970
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pada tahun 2019 program Mata Kuliah English for Tourism kembali mengagendakan perjalanan pariwisata yang dikelompokkan ke dalam 3 macam destinasi, yaitu kunjungan Lokal, Domestik dan Internasional. Destinasi pariwisata Lokal diagendakan ke Tana Toraja, sedangkan Domestik mengunjungi Bali dan Yogyakarta sementara Internasional ke Singapura, Malaysia dan Thailand. Perjalanan mahasiswa dan dosen tersebut dimulai pada tanggal 14 Juli 2019 dengan agenda pertama destinasi Lokal.

Terdapat 22 mahasiwa Bahasa dan sastra Inggris yang berpartisipasi dalam destinasi Lokal ini yang didampingi juga oleh 2 orang dosen yaitu, Ahmad, M.Litt, dan Sandra Dewi Dahlan, M.A. Total perjalanan di Toraja yaitu selama 3 hari dengan agenda kunjungan di antaranya ke lokasi pemakaman Londa Kuburan Alam, ke Dinas Pariwisata, dilanjutkan ke Universitas Kristen Indonesia, kemudian ke Burake (Patung Yesus), Tampang Allo (Goa Alam Makam Orang Mati) dan Kete Kesu Rumah Adat Toraja.

Secara khusus, para mahasiswa dan dosen BSI UIN Alauddin Makassar memiliki agenda penting di Kampus UKI Toraja yaitu untuk menjalin kerjasama melalui penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) dalam bidang pendidikan terutama dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi. Selain itu, inti dari perjalanan pariwisata ini adalah untuk mengembangkan wawasan dan khasanah pariwisata para mahasiswa tentang sejarah dan budaya kota dan atau negara yang menjadi tujuan serta untuk melatih para mahasiswa membuat sebuah karya tulis yang berisi catatan perjalanan (Travel Writing). Adapun travel writing tersebut menjadi bagian penting dari laporan perjalanan mereka yang nantinya karya tersebut akan dibukukan sehingga bisa dibaca dan dinikmati oleh khalayak ramai.


By Waode Surya Darmadali,M.Hum